Tips Memilih Minyak Goreng yang Aman Dikonsumsi Keluarga


Minyak goreng merupakan kebutuhan dapur yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Kebiasaan menggoreng aneka panganan menggunakan minyak yang ada di pasaran bukan hal yang asing. Padahal, mengkonsumsi jenis makanan yang digoreng berlebihan tidak baik bagi kesehatan. Lantas, bagaimana cara meminimalisir risiko buruk kesehatan akibat penggunaan kebutuhan memasak ini mengingat penggunaan minyak tidak bisa ditinggalkan? 

Ada baiknya para ibu mulai mempertimbangkan pemilihan minyak yang aman dan berkualitas. Penggunaan minyak yang lebih sehat bisa berpengaruh pada peningkatan kesehatan anggota keluarga di rumah. Anda bisa mempraktikkan tips memilih minyak goreng yang baik dikonsumsi keluarga berikut ini. 

1. Memperhatikan karakteristik minyak yang dibeli
Langkah pertama yang harus Anda perhatikan adalah melihat karakteristik minyak lebih jeli. Pilih jenis minyak yang jernih, tidak kental dan tidak mudah beku. Minyak yang memiliki karakteristik kental dan mudah beku biasanya rentan meningkatkan risiko terkena penyakit seperti kolesterol jahat, meningkatkan rasa gatal di tenggorokan bahkan bisa mengakibatkan penyakit kanker yang berbahaya. 

2. Memperhatikan aroma dan bau
Minyak yang berkualitas dan sehat biasanya memiliki warna jernih, bening dan tidak berbau. Sebaiknya Anda waspada jika membeli produk minyak yang memiliki aroma tengik, menyengat dan tidak sedap. Hal ini menandakan bahwa minyak yang Anda beli telah rusak dan tidak layak digunakan. 

3. Perhatikan komposisi minyak dengan benar
Tak hanya memperhatikan karakteristik minyak yang baik mulai dari warna, kekentalan dan aroma, Anda juga harus membiasakan membaca komposisi minyak dengan benar. Minyak yang telah bersertifkasi biasa mencantumkan daftar komposisi di belakang kemasan. 

4. Pilih jenis minyak yang rendah lemak
Minyak goreng yang disarankan adalah jenis minyak yang memiliki rendah lemak. Jenis minyak yang rendah lemak seperti minyak jagung, minyak zaitun dan sebagainya mengandung kadar lemak jenuh lebih rendah dibandingkan jenis minyak yang lain. Kadar lemak jenuh terlalu tinggi berisiko menyebabkan penyakit kolesterol dan jantung. 

5. Pilih minyak yang mengandung lemak kaya akan omega 3
Kandungan omega 3 bisa menyehatkan kesehatan jantung Anda. Pilih jenis minyak yang aman dikonsumsi karena sehat dan berkualitas untuk kesehatan seluruh anggota keluarga. Selain itu, jangan membiasakan menggunakan minyak berulangkali sebab bisa merusak kompnen minyak akibat sisa makanan. 

Gunakan minyak baru acap memasak demi menjaga kandungan tidak rusak. Kalau terpaksa menggunakan minyak beberpaa kali, sebaiknya tidak lebih dari tiga kali penggorengan. Selain itu, menggoreng harus menggunakan suhu minyak sedang saja sebab suhu minyak yang terlalu panas bisa membentuk radikal bebas yang membahayakan kesehatan. 

Pilih minyak kelapa sehat sebagai pilihan minyak goreng dapur Anda
Minyak kelapa bisa menjadi salah satu pilihan alternatif untuk Anda yang ingin mengubah pola hidup sehat mulai sekarang. MInyak kelapa segar terbuat dari bahan alami tanpa menggunakan proses kimia sehingga aman dikonsumsi secara rutin. 

Nutrisi dalam minyak kelapa tetap terjaga sehingga Anda bisa mendapatkan banyak manfaat kesehatan antara lain meningkatkan metabolisme tubuh, menambah energi, menjaga berat badan tetap stabil serta kandungan asam laurat pada minyak kelapa bisa membunuh berbagai macam kuman, virus dan parasit. 

Yuk, ganti minyak goreng rumah Anda dengan produk minyak kelapa segar yang lebih aman dan sehat! Minyak kelapa cocok untuk semua olahan makanan mulai menumis, membuat kue dan memasak jenis hidangan apa saja. Memilih produk minyak yang berkualitas bisa meningkatkan kesehatan diri dan keluarga lho! Mendapatkan manfaat kesehatan dengan harga kompetitif  yang terjangkau kantong, kenapa tidak?


EmoticonEmoticon