Berbagi Tips Membuat Salad Sayur Agar Anak Doyan Makan


Sayur merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan nutrisi dan gizi tinggi juga baik untuk kesehatan. Sebagai sumber nutrisi yang baik, sayuran dianjurkan untuk dikonsumsi setiap harinya. Tapi faktanya, tidak semua orang menyukai sayuran, utamanya anak-anak.

Anak-anak terbilang sulit untuk mengkonsumsi sayur-sayuran. Kebanyakan mereka mengatakan sayur itu pahit, tidak enak, dan enek ketika melihatnya. Meski demikian, orang tua tidak boleh kehilangan akal dan cara agar kebutuhan sayur untuk anak tetap terpenuhi.

Salad sayur merupakan salah satu alternatif yang bisa dicoba oleh orang tua untuk menginisiasi buah hati agar doyan makan sayur. Salad ialah jenis makanan yang berasal dari campuran sayur mayur dan bahan lainnya yang siap makan. Biasanya salad dicampur dengan siraman bumbu dan saus untuk menambah cita rasa sayuran.

Barikut ini, saya menyajikan beberapa tips yang bisa ayah dan bunda coba di rumah dalam meracik salad sayur agar si kecil doyan makan:

Mencuci bersih sayur
Sebelum meracik salad, kita perlu melakukan sterilisasi dengan cara mencuci bersih sayuran. Tentu saja hal ini merupayan upaya yang bertujuan menghilangkan kotoran, kuman, dan parasit yang menempel pada sayuran. Jika kita mencucinya dengan sabun, pastikan sayur sudah tidak tercium aroma sabun yang masih menyengat. Untuk sayur Selada, sebaiknya dicuci tiap lembarnya agar bersih menyeluruh.

Melakukan kombinasi
Ayah dan bunda yang baik, Salad tidak melulu disajikan dengan selada, wortel, maupun kol. Apabila anak kita tidak suka sayuran, kita bisa melakukan kombinasi dengan menambahkan buah-buahan. Ayah bunda bisa menambahkan buah-buahan seperti apel, strawberry, atau melon yang dipotong kecil-kecil. Selain buah, bahan lainnya yang bisa dikombinasikan ialah telur dan ayam goreng.

Memilih saus yang pas
Jika anak tidak suka dengan sayur karena sayur identik dengan rasa pahit, kita bisa melengkapi salad sayur dengan siraman saus. Untuk menambahkan rasa gurih pada salad, cobalah untuk menambahkan campuran saus tomat dan mayonaise. Sedangkan, bila di lain waktu ingin mencoba salad buah, kita bisa memberikan saus coklat dan keju.

Racikan dan Bentuk yang unik
Sebagai orang tua, kita harus tahu bahwa anak-anak menyukai hal-hal yang menarik, pun juga dengan makanan. Olahan telur jika disajikan biasa saja dengan olahan yang disajikan dengan bentuk telur mata sapi dan tersenyum, akan beda bagi anak-anak. Tak terkecuali salad sayur.

Kita bisa membuat salad sayur dengan bentuk yang unik guna menambah daya tarik si kecil untuk menyantapnya. Misalnya, kita bisa mengganti mangkuk dengan buah apel yang diiris setengah dan bagian tengahnya sudah diambil. Atau jika bosan dengan model mangkuk, salad sayur bisa disajikan dengan model ditusuk seperti sate.

Berkolaborasi dengan Si Kecil
Ayah dan bunda yang baik hati, anak-anak selalu menyukai hal-hal baru. Sifat alami anak ini bisa kita manfaatkan dengan baik. Ya, ajak anak-anak kita untuk ikut membuat dan meracik salad. Apalagi salad merupakan salah satu makanan yang paling gampang dibuat. Sembari meracik, orang tua bisa memberikan nasehat-nasehat ringan tentang manfaat sayur.

Berkolaborasi semacam ini juga berdampak positif untuk keeratan dan kekompakan antara orang tua dan anak. Pastinya, kolaborasi tersebut termasuk dalam aktivitas yang edukatif bagi buah hati.

Pembaca yang baik hati, itulah beberapa tips dalam rangka membuat Salad Sayur untuk si kecil. Semoga buah hati semakin gemar mengkonsumsi sayur dan semoga diberi kesehatan selalu. Akhir kata, semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi kita semua.


EmoticonEmoticon