Mengalami Kecelakaan? Ini 4 Hal Penting yang Harus Kamu Lakukan


Kecelakaan pastinya bukan hal yang kamu harapkan. Namun potensinya akan terjadi pada kamu. Entah karena kamu lalai berkendara atau akibat kelalaian pengendara lainnya. Yang jelas, jangan panik saat kamu mengalami kecelakaan. Sebaiknya siapkan diri kamu dengan asuransi seperti asuransi Ciputra Life misalnya. Dan berikut ini 4 hal yang harus kamu lakukan berikut ini!
 
Panggil ambulans
Saat mengalami kecelakaan, terutama kecelakaan lalu lintas, kamu wajib tetap tenang. Pastikan kamu tetap tenang dan segera memanggil ambulans jika kamu melihat orang-orang dalam kecelakaan tersebut mengalami luka parah. Khusus bagi warga DKI Jakarta, ada 48 ambulans gawat darurat gratis yang telah disediakan RS untuk siaga.
 
Hubungi call center Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu di 119 atau hotline di (021) 6530 3118. Berikanlah penjelasan singkat mengenai kondisi yang dihadapi agar ambulans segera datang. Biasanya, ambulans akan datang lengkap dengan dua tenaga medis yang terlatih. Langkah ini perlu kamu ingat untuk meminimalisir risiko yang terjadi akibat kecelakaan.
 
Gunakan perangkat P3K
Insiden kecelakaan yang sering kali terjadi adalah kecelakaan kendaraan roda dua. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk selalu siap siaga, salah satunya dengan menyiapkan perangkat P3K. Selain untuk memberikan pertolongan pertama pada saat kamu mengalami kecelakaan, kamu juga bisa memberikan pertolongan pertama kecelakaan pada teman, saudara, hingga orang dijalan raya yang kamu temui saat mereka mengalami kecelakaan.
 
Untuk itu, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan perangkat P3K di bagasi atau jok kendaraan. Siapkanlah beberapa item penting seperti perban, plester, sarung tangan sekali pakai, tisu pembersih bebas alkohol, gunting, pinset, krim antiseptik, obat pereda nyeri, obat batuk, tablet antihistamin, cairan pembasuh luka, hingga kantong plastik bersih.
Segera kunjungi rumah sakit
Tak selamanya luka akibat kecelakaan harus terlihat seperti pendarahan atau memar. Ada kalanya kamu mengalami luka dalam yang tak terlihat secara kasat mata. Oleh karena itu, segeralah kunjungi rumah sakit terdekat setelah kamu mengalami kecelakaan. Ingat bahwa luka dalam biasanya lebih berbahaya dari luka luar. Sehingga tentu harus ditangani dengan cepat dan benar.
 
Untuk itu, apabila kamu sudah merasa mengalami cedera akibat kecelakaan, misalnya dada yang terasa sakit akibat terbentuk hingga patah tulang, jangan menunda penanganan. Menunda hanya akan memperparah kondisi kamu. Dengan memeriksakan diri ke rumah sakit, akan lebih mudah bagi kamu untuk mengetahui kondisi tubuh kamu akibat kecelakaan yang terjadi. Berbagai pertolongan yang kamu butuhkan pun bisa dilakukan dengan lebih maksimal.
 
Pastikan juga kamu menghubungi keluarga atau teman dekat untuk menemani kamu. Terlebih jika kamu mengalami syok pasca kecelakaan. Mungkin akan sulit bagi kamu untuk datang memeriksakan diri ke rumah sakit seorang diri. Selain itu, usahakan juga agar kamu memiliki asuransi kecelakaan diri atau asuransi kesehatan. Karena biaya rumah sakit biasanya cukup mahal.
 
Hubungi Jasa Derek yang disediakan asuransi
Apabila kamu mengalami kecelakaan mobil dan akibatnya mobil kamu rusak parah, sebaiknya segera hubungi jasa derek yang disediakan oleh asuransi mobil kamu. Jangan lupa untuk menggunakan salah satu manfaat asuransi mobil satu ini. Tak hanya dapat menanggung biaya kerusakan mobil saja, asuransi mobil juga dapat memberikan fasilitas jasa derek yang dibutuhkan.
 
Ingatlah bahwa satu-satunya perlindungan yang efektif bagi mobil kamu adalah asuransi. Oleh karena itu, pastikan kamu memiliki asuransi mobil mulai sekarang. Tentu kamu tak ingin menunggu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terlebih dahulu baru sibuk mengantisipasinya, bukan?
 
Itulah 4 hal yang bisa kamu lakukan ketika mengalami kecelakaan. Pastikan kamu selalu siap dengan asuransi CiputraLife.com untuk menghindari segala kemungkinan terburuk yang ada, ya. Semoga bermanfaat!


EmoticonEmoticon