Bunda, Jangan Asal Ya Kalau Membuatkan MPASI Food Combining


Kini, bunda bisa dengan sangat mudah mendapatkan menu MPASI bayi 6 bulan. Bunda tinggal membuat daftar menu MPASI si kecil setiap harinya. Yang terpenting, bunda harus memperkenalkan berbagai macam makanan kepada sang buah hati hati ya. Jangan sampai si kecil hanya tahu satu atau dua jenis makanan saja. Mengapa? Karena itu bisa membuat bayi bosan dan akhirnya tidak mau makan lagi.

Meskipun mudah untuk mencari menu MPASI, apakah bunda tahu pentingnya membuatkan menu food combining? Ini adalah menu makanan yang terbuat dari berbagai macam bahan makanan. Jadi, tidak hanya satu bahan makanan ya bunda.

Pentingnya Memberikan Food Combining
Mungkin bunda selama ini hanya membuatkan menu MPASI yang terbuat dari satu bahan makanan saja. Misalnya membuat bubur dari beras. Atau buah yang dihaluskan dengan cara diblender. Itu sudah sangat bagus ya bunda.

Akan tetapi, akan lebih baik jika bunda membuatkan menu MPASI 6 bulan food combining ya. Karena makanan yang terbuat dari berbagai bahan makanan itu lebih sulit untuk dicerna lho bunda. Sistem penceraan lebih sulit mencerna makanan yang dibuat dari berbagai bahan.

Bukannya ini justru tidak baik untuk sang buah hati? Justru bagus ya bunda. Dengan memberikan MPASI food combining ini, sistem pencernaan bayi akan terbiasa untuk mencerna makanan yang tidak hanya terbuat dari satu bahan makanan. Bukankah MPASI itu cara agar anak bisa mencerna makanan?

Memang pada awalnya, bunda sebaiknya memberikan menu dari satu bahan makanan. Ini bisa bunda lakukan kurang lebih 1 atau 2 minggu pertama. Kenapa? Agar sistem pencernaan siap untuk mencerna makanan karena selama 6 bulan sebelumnya hanya ASI saja yang dicerna. Dan saat usia sang buah hati 6 bulan, sistem pencernaan harus diajari untuk mencerna makanan selain ASI. 

Tahapnya harus meningkat. Di minggu awal bulan ke 6, silakan bunda buatkan menu MPASI sederhana dari satu bahan makanan. Setelah itu, mulailah untuk memberikan menu MPASI untuk bayi 6 bulan yang terbuat dari kombinasi berbagai makanan. Selain agar sistem pencernaan terlatih mencerna makanan yang sedikit sulit dicerna, ini juga cara bunda untuk mengenalkan berbagai jenis makanan dengan rasa yang berbeda.

Menu Food Combing Yang Sangat Dianjurkan
Untuk bayi usia 6 bulan, mereka membutuhkan asupan gizi berupa protein dalam jumlah yang banyak. Hal ini disebabkan peran penting protein untuk perkembangan bayi 6 bulan.

  • Protein Untuk Menjaga Berat Badan Badan Bayi
    Terkadang, bayi usia 6 bulan ke atas justru terlihat sedikit lebih kurus. Mengapa? Karena pada intinya kebutuhan gizinya semakin banyak. Dan bunda tidak menambah asupan gizi tersebut. Padahal, bayi juga lebih aktif, bukan? Karena tidak seimbang antara pemenuhan gizi terutama protein dengan yang dibutuhkan, maka bayi terlihat kurus.

  • Protein Untuk Perkembangan Otak Bayi
    Selain perkembangan fisik, protein juga diperlukan untuk perkembangan otak bayi lho. Apalagi pada usia 6 bulan, bayi sudah mulai belajar hal-hal baru yang membutuhkan peran aktif otak seperti seperti belajar bicara walaupun baru satu patah kata yang tidak jelas dan juga belajar merangkak serta berdiri.

Untuk itu, sangat disarankan bunda membuatkan menu MPASI dengan bahan yang mengandung protein tinggi seperti daging dan juga kacang-kacangan. Caranya sangat mudah. Buatkan saja bubur seperti biasa. Lalu daging atau kacang panjang diblender dan dicampurkan ke dalam bubur tersebut. Agar rasanya lebih lezat, tambahkan sedikit ASI ke dalam menu makanan tersebut.

Tentu bunda bisa bebas berkreasi. Yang pasti, jangan asal dalam membuat menu MPASI. Pastikan bunda buatkan menu MPASI 6 bulan yang mengandung protein tinggi.


EmoticonEmoticon