Tips Memilih Rumah Sakit Untuk Persalinan

Meidi Info - Masa-masa kehamilan yang berlangsung kurang lebih 9 bulan 10 hari adalah masa-masa yang sangat penting untuk sampai pada tahap melahirkan. Janin yang ada di dalam perut akan dilahirkan sebagai bayi yang ditunggu-tunggu semua pasangan suami istri. Untuk itulah sangat penting bagi ibu hamil dan keluarganya untuk merencanakan di mana akan melakukan persalinan. Sehinggga melahirkan di rumah sakit dapat berjalan lancar saat wakunya tiba. 

Selama menunggu persalinan, pemeriksaan kehamilan dilakukan secara rutin setiap satu bulan sekali. Namun jika ada keluhan, biasanya akan dilakukan pemeriksaan lebih intensif. Dokter akan memberikan vitamin untuk ibu hamil untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. 


Namun saat waktu persalinan tiba, keluarga harus siap siaga membawa ibu hamil ke tempat persalinan. Berikut adalah tips-tips untuk memilih tempat persalinan yang terbaik:

1. Pilih tempat persalinan yang paling dekat
Saat-saat akan melahirkan, ibu hamil harus segera mendapatkan pertolongan. Untuk itulah, jangan memilih tempat persalinan yang terlalu jauh dari rumah. Pilih tempat persalinan yang paling dekat dengan rumah agar memudahkan ibu hamil mendapatkan pertolongan. Entah melahirkan di bidan, atau melahirkan di rumah sakit, yang terpenting adalah memilih tempat bersalin yang paling mudah dijangkau.

Poin ini sangat penting untuk diperhatikan, jadi usahakan kita sudah survei jauh – jauh hari untuk mencari tahu tentang lokasi rumah sakit yang paling dekat dengan rumah.

2. Pilih tempat persalinan yang memiliki rujukan

Terkadang ibu hamil mengalami hal-hal yang tidak terduga saat akan melahirkan, seperti harus dilakukan operasi sesar karena kondisi ibu yang lemah atau janinnya yang lemah. Untuk itulah, jika memilih tempat persalinan di bidan, pilih bidan yang bisa memberikan rujukan ke rumah sakit.

3. Pilih rumah sakit bersalin yang lengkap
Saat melakukan pemeriksaan kehamilan, ibu hamil bisa sambil survei tempat bersalin mana yang akan dipilih, sehingga nantinya bisa memilih di mana tempat bersalin yang sangat tepat untuknya. Pastinya tempat bersalin yang lengkap fasilitasnya dan menunjang proses persalinan. Ingat ya, ajak suami untuk bekerja sama akan hal ini. Sebab kenyamanan ibu hamil penting untuk diperhatikan, termasuk kenyamanan saat persalinan nanti.

4. Memilih RSIA
RSIA adalah rumah sakit yang memberikan dukungan bagi ibu hamil untuk memberikan ASI eksklusif. Rumah sakit ini menjaid pilihan rumah sakit yang sangat direkomendasikan untuk dipilih.

5. Pilih tempat bersalin yang sesuai dengan budget
Kalau bisa bersalin secara normal di bidan, maka tidak perlu pergi ke rumah sakit, karena biayanya pasti juga akan sangat mahal. Namun jika memang harus ke rumah sakit, gunakan BPJS kesehatan atau kartu pendukung lainnya yang akan meringankan beban pembayaran.

6. Pilih rumah sakit yang handal dokter dan perawatnya
Yang dibutuhkan dalam menangani proses melahirkan bukan hanya ramah dan murah saja, melainkan keahlian si dokter dan perawat serta semua tenaga medisnya. Karena terkadang ada tenaga medis yang bersikap acuh tak acuh karena kita menikmati pelayanan dengan menggunakan kartu keringanan. Pastikan kita memilih rumah sakit yang memiliki pelayanan terbaik untuk semua pasiennya tanpa membeda-bedakan. 

Tips untuk memilih tempat bersalin ini menjadi hal yang sangat penting, sehingga saat waktu melahirkan tiba, semua keluarga bisa langsung membawa ibu hamil ke tempat bersalin yang dituju. Tips tersebut berlaku untuk ibu hamil yang akan merencanakan untuk melahirkan di rumah sakit  atau di bidan.


EmoticonEmoticon