Produksi ASI Anda Kurang? Coba Cara Memperbanyak ASI Berikut Ini

Meidi Info - Cara memperbanyak ASI sangat dibutuhkan untuk para ibu menyusui. Apalagi untuk ibu yang baru pertama kali melahirkan dan menyusui. Sebagai seorang ibu pasti merasa ragu apakah bayi sudah mendapatkan asupan ASI yang cukup atau belum. Keraguan ini juga akan bertambah jika ibu tidak bisa memproduksi air susu yang cukup bagi bayi. Akhirnya bayi pun merasa rewel akibat dari kurangnya ASI.

Mengganti ASI dengan memberikan susu formula pada bayi tentunya bukan solusi yang tepat. Karena kandungan gizi pada ASI tentu lebih baik daripada susu formula untuk bayi. Jadi, salah satu cara yang tepat adalah dengan memperbanyak ASI secara alami. Menggunakan cara – cara yang alami tentunya akan membuat produksi air susu ibu meningkat tanpa takut adanya efek samping yang berbahaya bagi ibu maupun bayi. 


Umumnya, ibu menyusui memiliki produksi ASI yang sedikit pada periode awal setelah melahirkan. Padahal, ketika bayi baru lahir, ia baru saja terputus asupan makanan yang sebelumnya diberikan oleh plasenta dalam kandungan. Tentunya, masa – masa ini akan membuat bayi sangat membutuhkan ASI karena ASI adalah makanan pertama yang bisa dikonsumsi bayi ketika baru lahir. 

Cara Memperbanyak ASI
Nah, jika Anda adalah ibu yang mengalami masalah sama yaitu kurangnya produktivitas ASI. Anda bisa menyimak artikel ini mengenai bagaimana cara memperbanyak ASI secara alami.

Selalu menyusui bayi
Ternyata, membuat bayi untuk terus menyusu bisa menjadi cara yang tepat untuk meningkatkan produktivitas ASI. Ini karena prinsip stimulus dan respon yang terjadi. Ketika bayi berusaha untuk menyusu, maka disitulah stimulus atau rangsangan akan hadir. 

Secara otomatis, tubuh ibu akan memberikan respon yaitu meningkatnya produksi ASI sesuai dengan stimulus yang diterima oleh ibu. Kesimpulannya, jika ibu semakin sering menyusui, maka akan semakin banyak ASI yang diproduksi. 

Jangan hentikan bayi ketika menyusu
Tips memperbanyak ASI selanjutnya adalah dengan tidak memberhentikan bayi ketika menyusu. Anda bisa mencoba untuk membiarkan bayi untuk menyusu sebanyak yang ia butuhkan. Nah, ketika ia sudah cukup kenyang, maka dengan otomatis ia akan berhenti menyusu. Jangan lupa juga untuk memberikan ASI dari payudara sebelahnya dengan bergantian.

Tidak menggunakan dot dan makanan selama 6 bulan awal pertumbuhan bayi
Jadikan ASI sebagai satu – satunya sumber makanan untuk 6 bulan awal pertumbuhan bayi. Minum dengan menggunakan dot atau makan makanan yang padat harus dihindari karena akan membuat bayi rasa laparnya berkurang. Jika itu terjadi, maka bayi cenderung akan malas untuk menyusu. Apalagi jika air susu dalam dot lebih lancar dan mudah keluar, bayi pun akan memilih untuk meminum susu dari dot daripada harus menyusu. Apabila hal itu terjadi, bisa jadi produksi ASI akan berkurang dan akhirnya berhenti.

Cukup tidur dan hindari stress
Memiliki waktu tidur yang cukup juga menjadi salah satu cara untuk bisa meningkatkan produktifitas ASI. Untuk ibu yang baru saja melahirkan, mungkin akan susah untuk bisa tidur nyenyak dan dalam waktu yang teratur pula. Apalagi jika bayi sering mengajak begadang karena siklus tidur bayi yang memang masih belum menentu. Tetapi, sesungguhnya cukup tidur dan menghindari stress bagi para ibu adalah hal paling baik untuk dapat meningkatkan produktivitas ASI. 

Cara yang mudah bagi Anda untuk bisa tidur siang adalah dengan tidur ketika bayi Anda juga tidur. Anda bisa meminta bantuan pada pasangan, teman, atau keluarga untuk mengurus keperluan yang lainnya. Jika Anda bisa mendapatkan tidur yang cukup dan bisa terhindar dari stress, maka produktifitas ASI akan terus meningkat, baik kualitas maupun kuantitasnya.

Memperhatikan makanan untuk ibu menyusui
Langkah memperbanyak ASI secara alami selanjutnya adalah dengan memperhatikan makanan bagi ibu yang menyusui. Selain memperhatikan kuantitas, juga harus memperhatikan kuantitasnya. Ketika wanita menyusui maka membutuhkan tambahan kalori sekitar 500 kalori perharinya. 

Ada pula beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan produktifitas ASI dan ini harus banyak – banyak dikonsumsi. Misalnya seperti daun katuk, sayur – sayuran, buah – buahan, gandum, bubur, ini bisa merangsang produksi ASI dengan alami. Meminum banyak air putih juga sangat penting bagi Anda. 

Itu dia beberapa cara memperbanyak ASI yang bisa Anda coba. Tentunya dengan cara yang alami, maka tidak akan ada efek samping yang muncul bagi ibu dan sang bayi. Selamat mencoba.

2 komentar

Fantastic goods from you, man. I have understand your stuff previous to and you are just extremely fantastic. I really like what you've acquired here, certainly like what you're stating and the way in which you say it. You make it entertaining and you still care for to keep it smart. I can't wait to read far more from you. This is actually a terrific site. sign in hotmail

Memang benar, untuk mendapatkan ASI Eksklusif Terbaik diperlukan peran serta mam dalam mengkonsumsi makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup. Terima kasih share nya !


EmoticonEmoticon