Tips Persiapan Mudik Ibu Hamil - Ibu dan Janin Nyaman Selama Perjalanan

Meidi Info - Tradisi mudik tidak akan pernah ketinggalan setiap tahunnya. Ketika liburan panjang, tahun baru, serta di hari lebaran menjadi moment-moment mudik yang sangat ditunggu. Berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut hari H mudik ke kampung halaman dengan berbagai jenis kendaraan yang dipakai. Untuk ibu hamil pun, ada persiapan mudik ibu hamil khusus yang harus dilakukan. 

Saat musim lebaran tiba, sudah bukan hal yang aneh lagi jika orang-orang yang ada di perantauan melakukan mudik ke kampung halaman. Mereka memanfaatkan liburan panjangnya untuk menjalankan lebaran dengan keluarga di kampung halaman. Karena momen lebaran ini hanya satu tahun sekali, maka mereka sangat antusias untuk melakukan persiapan mudik dari jauh-jauh hari. 

Berbagai persiapan mulai dilakukan sejak jauh-jauh hari. Bahkan pemesanan tiket pun dilakukan sebulan sebelum perjalanan mudik dilakukan. Semua alternatif transportasi mulai dari transportasi darat, udara, dan air pun dibanjiri dengan penumpang. Mempersiapkan kondisi badan yang fit juga tidak keinggalan. 

Mudik - Ibu - Hamil
Spesial untuk ibu hamil, momen mudik pun harus dijalankan, karena keinginan untuk berkumpul dengan keluarga di kampung halaman tdiak boleh terlewatkan. Keadaan hamil ini memang sangat rentan jika kita tidak mempersiapkan kondisi dan membawa persiapan mudik bagi ibu hamil tua dengan baik. Agar tidak terjadi hal-hal yang tdiak diinginkan di perjalanan, ibu dan janin sehat, fit dan selamat sampai tujuan, berikut adalah tips persiapan khusus mudik bagi ibu hamil:

1. Pastikan usia kehamilan yang sudah lebih dari 32 minggu
Jangan nekat mudik di usia kehamilan di bawah 32 minggu, karena akan sangat rentan untuk mengalami kontraksi di perjalanan.

2. Cek kesehatan janin sebelum mudik
Ini menjadi kebutuhan mudik bagi ibu hamil yang harus dipenuhi. Karena akan sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan janin selama perjalanan. Konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu jika kita ingin mudik.

3. Gunakan transportasi yang sesuai
Ada berbagai macam jenis transportasi yang bisa ibu hamil pilih untuk dikendarai saat mudik, baik kendaraan darat, udara, atau air. Semua jenis kendaraan itu boleh saja ditumpangi, yang terpenting adalah persiapan mudik bagi ibu hamil yang dibawa sudah lengkap, seperti obat anti mual, camilan, obat-obatan lainnya, baju tebal, dan lain-lain.

Juga sangat disarankan untuk para ibu hamil untuk duduk di dekat toilet (jika mengendarai kendaraan umum), memakai sabuk pengaman, dan lain-lain.

4. Catatan untuk pengguna kendaraan pribadi
Jika menggunakan kendaraan pribadi, usahakan untuk meluangkan waktu untuk istirahat sejenak. Dengan memberhentikan mobil atau kendaraan pribadi sejenak untuk ngaso, ibadah, cuci muka, atau sekadar berhenti mencari makanan. Dan sangat disarankan untuk berhenti 2 jam sekali untuk kencing agar tekanan pada kandung kemih berkurang dan peredaran darah tetap lancar.

5. Jangan makan makanan yang mengandung gas
Ini sangat penting untuk dilakukan agar tidak mual dan muntah saat perjalanan. Akan menambah masalah baru jika Anda melewatkan poin penting ini. Jadi tetap perhatikan ya apa – apa saja yang boleh dikonsumsi selama perjalanan.

6. Sedia Camilan
Karena ibu hamil sering lapar, kebutuhan mudik bagi ibu hamil yang selanjutnya adalah jangan lupa membawa snack atau camilan untuk dimakan selama perjalanan. Fungsi camilan ini juga untuk meredakan mual, sehingga sangat disarankan untuk membawanya. Camilan yang disarankan adalah jenis kacang-kacangan, buah-buahan, atau makanan sehat yang lainnya. Jangan lupa membawa camilan kesukaan anak – anak apabila Anda memiliki anak yang masih kecil. 

Perhatikan dengan betul tentang persiapan mudik bagi ibu hamil ini agar perjalanan tetap lancar. Yang terpenting adalah konsultasi ke dokter sebelum melakukan mudik dan pilih jadwal mudik jauh-jauh hari agar tidak terlalu macet. 

Sekilas hal – hal diatas terlihat sederhana, namun jangan salah, ketika Anda lalai dalam menyiapkan segala keperluan mudik, bisa jadi perjalanan Anda justru tidak menyenangkan. Belum lagi jika Anda memilki beberapa anak yang masih kecil dimana harus Anda perhatikan juga apa – apa saja yang menjadi kebutuhan mereka selama perjalanan. Oleh karena itu persiapkan segalanya jauh – jauh hari dan sebaiknya didiskusikan dengan keluarga agar tidak ada yang terlewat atau tertinggal.


EmoticonEmoticon