Biaya Jasa Arsitek Rumah Minimalis di Arsitag.com

Meidi Info - Saat Anda berkeinginan untuk memiliki rumah pribadi, Anda akan dihadapkan pada dua pilihan. Akankah membeli rumah minimalis yang sudah jadi, atau membangun sendiri. Keduanya memiliki keunggulan masing – masing. Kekurangannya, Jika beli jadi sudah pasti rumah tersebut tidak sesuai dengan desain impian Anda. Namun ketika memilih membangun sendiri, Anda bisa meminta bantuan jasa arsitek untuk menyiapkan konsep dan desain yang Anda inginkan.

Pada dasarnya rumah minimalis 2017 yang Anda inginkan tersebut bisa jadi bentuk investasi yang menguntungkan. Apabila mau berpikir jauh ke depan, maka membeli tanah kosong lalu mempercayakan pada arsitek akan jauh lebih menghemat biaya daripada membeli rumah minimalis 2017 yang sudah jadi.


Apabila Anda bertanya berapa biaya jasa arsitek rumah minimalis di Arsitag.com, maka tidak ada jawaban pasti sebab berapa total biayanya tergantung pada kebutuhan Anda. Misalnya saja, Anda ingin menggunakan jasa arsitek hanya untuk desain saja, gambar RAB saja atau renovasi saja atau semuanya, termasuk proyek pembangunan rumah minimalis.

Untuk itu berikut ini akan kami berikan gambaran tentang biaya jasa arsitek yang sering diterapkan oleh para arsitek dalam menentukan biaya jasa.

Berdasarkan Tiap Meter Luas Bangunan
Pada metode ini penghitungan biaya akan dilakukan dengan melihat luas bangunan tiap meternya. Misalnya, ketika arsitek yang Anda pilih menetapkan biaya Rp. 40.000,- per meternya, maka saat rumah minimalis 2017 Anda telah selesai dibangun dan mempunyai luas 160m2, lalu biaya jasa bisa dihitung dengan cara 40.000,- dikalikan 160, jadi biaya jasa arsitek yang harus Anda bayarkan adalah senilai Rp. 6.400.000,-.

Ini hanya contoh penghitungannya sehingga tidak bisa dijadikan patokan, sebab berapa biaya yang harus dibayarkan tergantung dari harga yang sudah ditetapkan oleh arsitek yang menangani proyek pembangunan maupun renovasi rumah Anda.

Berdasarkan Prosentasi Biaya Konstruksi
Untuk metode ini biasanya digunakan oleh arsitek yang memiliki keahlian khusus, seperti arsitek yang ahli dalam menangani rumah dengan tipe klasik dimana rumah tipe ini memerlukan kejelian dan ketelitian yang tinggi. Perlu diketahui juga bahwa semakin tinggi tingkat kerumitan sebuah rumah, maka hal itu akan mempengaruhi penghitungan RAB.

Misalnya, arsitek memasang harga 3% dari total biaya pembangunan (RAB), lalu ketika desain rumah sudah dibuat dan biaya pembangunan sebesar 5 milyar, maka biaya arsitek yang harus dibayarkan adalah 5 milyar dikalikan 3% dengan hasil penghitungan sebesar 150 juta rupiah. Metode ini menjadi metode pilihan ketika arsitek diharuskan membuat desain yang rumit dimana kesulitannya cukup tinggi, dan umumnya pemilik rumah terlalu rewel dalam meminta kriteria rumah yang diinginkan.

Berdasarkan Biaya Tetap
Metode ini kuasa ada pada Klien atau Home Owner. Pada metode ini biaya ditetapkan oleh Klien, bukan arsitek. Proses membangun rumah yang membutuhkan waktu lama pada akhirnya membuat Klien cenderung khawatir akan adanya kenaikan harga pada bahan material bangunan atau kebutuhan lainnya. Untuk itulah Klien menetapkan biaya tetap (lump – sum).

Lalu arsitek yang ditunjuk akan menghitung segala rinciannya untuk kemudian diberitahukan kepada Klien. Dengan begitu arsitek tidak memiliki kuasa untuk menambah biaya apapun hingga pembangunan selesai.

Bebas Biaya Desain
 
Bukankah jasa desain rumah juga berbayar? Iya betul.
 
Namun ketika arsitek Anda juga merangkap sebagai kontraktor, maka ada kemungkinan arsitek Anda akan membebaskan jasa desain rumah minimalis 2017 yang Anda inginkan. Arsitek Anda akan tetap mendapatkan keuntungan lebih sebab arsitek akan menerima biaya dari jasa konstruksi yang ditanganinya.

Demikian tadi gambaran tentang biaya jasa arsitek yang sering digunakan para arsitek dalam menghitung biaya jasa. Begitupula di Arsitag.com, Anda bisa menghitung sendiri prakiraan biaya yang harus Anda keluarkan untuk membayar jasa arsitek yang menangani pembangunan rumah Anda sebab biaya jasa arsitek tersebut bersifat relatif.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.


EmoticonEmoticon