4 Jalur Mudik Terpadat di Indonesia

Meidi Info - Setiap kali hari libur tiba keinginan masyarakat bisa dibilang hampir sama. Mudik. Ya sebab mudik hanya bisa dilakukan ketika libur tiba, entah itu libur lebaran, natal atau libur panjang lainnya. Keinginan orang apalagi yang berstatus pegawai adalah pulang ke kampung halaman setelah bertahun-tahun merantau di negeri orang. Sebab itu kerap kemacetan terjadi akibat membludaknya kapasitas kendaraan yang bergerak hampir dalam satu waktu yang sama.


Menghindari jalur kemacetan rasanya riskan apalagi untuk kendaraan yang besar seperti bus AKAP. Tidak mungkin untuk memotong kendaraan lain ketika macet. Jadi yang bisa dilakukan adalah anda harus menetapkan waktu keberangkatan agar bisa terhindar dari macet. Ada beberapa daerah di Indonesia yang setiap tahunnya kerap menjadi langganan macet. Berikut 5 jalur mudik 2017 terpadat di Indonesia.

Pantura
Jalur Pantura atau singkatan dari Pantai Utara adalah jalur yang menghubungkan 5 provinsi dari Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dengan rute sepanjang 1.316 km jalur ini menjadi alternatif utama bagi para pemudik untuk sampai ke tempat tujuan. Sehingga tidak heran jika musim libur tiba jalur Pantura menjadi macet. Sebelumnya orang lebih suka melewati jalan Tol Cikopo-Palimanan namun karena padatnya Tol tersebut jalur Pantura kembali menjadi pilihan.

Jalan lintas SumBar
Jalur lintas SumBar ketika musim lebaran tiba akan mengalami lonjakan kendaraan. Pada umumnya dipenuhi oleh pemudik dan juga para wisatawan lokal dari Riau dan Medan. Banyaknya tempat wisata yang ada di SumBar menyebabkan mereka memilih tempat ini sebagai tujuan berlibur. Belum lagi para perantau yang akan pulang ke kampung halamannya.

Jalur Lintas Selatan
Meskipun telah mengalami pelebaran jalan jalur lintas selatan tetap macet ketika musim mudik. Jalur menuju Garut sampai Cileunyi ini tidak pernah sepi dari kendaraan. Padahal jika musim hujan tiba ancaman banjir sungai Citarum bisa saja terjadi. Namun, nampaknya tidak menyurutkan animo masyarakat untuk mudik.

Merak Bakaheuni

Berdasarkan pantauan dari dinas perhubungan kota Jakarta jalur Merak Bakaeuni menjadi ramai karena pemudik asal pulau Jawa dan sebaliknya yang dari Lampung memilih jalur ini. Sedangkan Jalan Imba kesuma (lembah hijau) menjadi pilihan bagi mereka yang tinggal di Pesawaran, Pringsewu dan Tanggamus.


EmoticonEmoticon